Minggu, 17 Juli 2011

Djogdja Tempo Doeloe - BENTENG VREDESBRUG TAHUN 1970

BENTENG VREDESBRUG TAHUN 1970

Di Yogyakarta ada banyak peninggalan bangunan Belanda. Ada yang masih utuh dan di pugar kembali,tapi ada yang sudah terbengkalai. Istana Negara Gedung Agung adalah salah satu bangunan peninggalan Belanda, yang kondisinya masih bagus. Bangunan peninggalan Belanda yang lain dan sudah di pugar, tetapi sebelumnya sempat berantakan dan tidak terawat adalah Benteng Vredesbrug.

Pada awal tahun baru, tahun 1970-an,. Benteng Vredesbrug pernah dipakai untuk markas batalyon 403 sebelum pindah di Kentungan, Jl. Kaliurang. Di tempat itu pula pernah dipakai untuk tahanan PKI. Sebelum di pugar seperti sekarang Benteng Vredesbrug memang pernah terbengkalai dan tidak terawat sehingga kelihatan sekali menyeramkan. Bangunan kuno yang jarang di jamah oleh orang, memberi kesan "angker" dan menakutkan.

Sampai akhir tahun 1980-an Benteng Vredesbrug belum sepenuhnya berfungsi, hanya menjelang akhir tahun 1990-an sampai sekarang, tingkat aktivitas di Benteng Vredesburg bisa disebut cukup tinggi dengan bermacam aktivitas kesenian dan kebudayaan.

Namun kalau anda melihat foto Benteng Vredesbrug tahun 1970, setidaknya bisa membayangkan kondisi bangunan itu pada masa lalu sebelum di pugar, meski sekarang sudah cukup bagus dan bisa berfungsi untuk berbagai macam kegiatan.


batalyon 403 tahun 1970