Minggu, 17 Juli 2011

Djogdja Tempo Doeloe - KAMPUNG DJOGONEGARAN 1920

Kampung-kampung di Yogya memang telah mengalami banyak perubahan, meskipun namanya masih tetap sama. Apa yang dulu pernah ada di satu kampung di Yogya, sekarang tidak lagi bisa ditemukan. Salah satu kampung itu namnya Jogonegaran. Dulu ditulis Djogonegaran. Kampun ini terlatak disebelah barat kawasan Malioboro. Jadi, tidak ada 1 Km dari Kraton Ngayogyakarta. Karena kampung ini terletak di tengah pusat keramaian, yakni Malioboro, yang terus mengembangkan dirinya, kampung-kampung disekitarnya ikut berubah, termasuk Jogonenaran.

Pada tahun 1920-an, Kampung Djogonegaran kelihatan masih teduh, ada pohon rindang bisa ditemukan dan terdapat halaman untuk sejenak bernapas. Tetapi kampung Jogonegaran sekarang telah berubah total. Pemukimannya padat. Banyak bangunan bertingkat berdiri dan jalan menuju rumah ke rumah tidak selalu bisa dilewati mobil. Jalan utama kampung itu telah menjadi jalan milik kawasan Malioboro sehingga tidak sekaligus menjadi jalan milik warga, sebagaimana kampung-kampung di Yogya lainnya yang jauh dari kawasan Malioboro.

Itulah Kampung Jogonegaran, seperti bisa dilihat dalam foto tahun 1920, kampung ini memberikan nuansa yang nyaman dan sejuk. Dan sudah barang tentu tidak panas serta bising. Namun sekarang, kapan orang datang (atau lewat) kampung Jogonegaran, tidak akan menemukan seperti yang ada di dalam foto ini.

Namun melalui foto Kampung Djogonegaran tahun 1920, setidaknya orang bisa mengingat suasana masa silam di kampung itu.