Minggu, 17 Juli 2011

Djogdja Tempo Doeloe - RUMAH SAKIT MATA DR. YAP TAHUN 1920-AN

Rumah Sakit Mata Dr. Yap merupakan salah satu rumah sakit yang terkenal di Indonesia. Rumah sakit yang terletak di Jl. Cik Di Tiro Yogyakarta ini memiliki bangunan yang cukup megah. Kini kondisi di sekitarnya cukup ramai karena Jl. Cik Di Tiro yang berada di depannya termasuk jalan yang sangat padat lalu lintas. Namun demikian, pada tahun 1920-an kondisi itu jauh berbeda dengan sekarang. Kondisi di tahun 1930-an itu Jl. Cik Di Tiro masih demikian lengang. Masih banyak tumbuhan besar di sekitar kompleks rumah sakit. Selain itu, rumput dan semak-semak masih banyak bertumbuhan di kanan kiri Jl. Cik Di Tiro. Benar-benar kondisinya jauh berbeda dengan sekarang.

Hal yang masih dipertahankan adalah gaya arsitekturnya. Sekalipun cat dan tampilan bangunan Rumah Sakit Mata Dr. Yap yang sekarang lebih cantik, bergaya, dan rapi, namun gaya arsitektur lama itu tidak ditinggalkan. Sebagai kenangan akan masa lalu rumah sakit ini Tembi menampilkan kembali foto yang pernah dimuat di dalam sebuah buku (laporan) yang diberi pengantar oleh Residen Belanda untuk Yogyakarta waktu itu, yakni L.F. Dingemans. Silakan menikmati.

a. sartono
Sumber: Gegevens Over Djokjakarta, 1926, Seri A., Kata pengantar oleh Resident van Djokjakarta, L.F. Dingemans (buku koleksi Perpustakaan Tembi Rumah Budaya).