Minggu, 17 Juli 2011

Djogdja Tempo Doeloe - PESANGGRAHAN AMBARBINANGUN 1895 DAN 2010

Ada banyak pesanggrahan yang dibuat oleh raja-raja Kasultanan Yogyakarta. Pesanggrahan ini umumnya difungsikan untuk tempat peristirahatan raja dan kerabatnya atau tempat rekreasi. Akan tetapi pesanggrahan juga sering memiliki fungsi-fungsi lain, misalnya untuk menenangkan pikiran (urusan spiritual), persembunyian, atau bahkan juga pertahanan.

Banyak pesanggrahan yang telah didirikan di lingkungan Keraton Yogyakarta, namun pesanggrahan-pesanggrahan itu kini banyak yang sudah rusak atau bahkan hilang dimakan zaman. Tidak banyak pesanggrahan yang dapat kita saksikan lagi dan masih ada beberapa masih dapat kit saksikan meskipun kondisinya sudah berubah dari bentuk awalnya.

Bangunan-bangunan pesanggrahan umumnya berarsitektur indah, unik, dan dengan lingkungan yang paling tidak terdiri dari kolam, kebun, tempat istirahat, tempat spiritual, serta halaman yang relatif luas. Kecuali itu, pesanggrahan hampir selalu dibangun di tempat yang nyaman dan tenang.

Berikut ini disuguhkan foto Pesanggrahan Ambarbinangun yang terletak di Dusun Kalipakis, Kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Pesanggrahan ini dibangun oleh Sultan Hamengku Buwana VI (1828-1855). Foto Pesanggrahan Ambarbinangun lama ini dibuat oleh fotografer terkenal masa lalu, Kasijan Chepas. Foto dibuat pada tahun 1895. Sementara foto baru sebagai pembanding dibuat oleh Tembi tahun 2010, tepatnya pada awal bulan Mei 2010. Silakan membandingkan dan menikmatinya.

a. sartono k.